Bagaimana Membenahi Hukum Ekonomi di Indonesia

Bagaimana Membenahi  Hukum Ekonomi di Indonesia ( Agar Investor Asing mau Menanamkan Modalnya )

Seperti yang telah diketahui, bahwa Negara Indonesia adalah Negara hukum. Berbagai hukum dapat ditemukan di Indonesia. Termasuk hukum ekonomi itu sendiri. Sebelum berbicara lebih jauh mengenai bagaimana cara membenahi hukum ekonomi di Indonesia, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu secara singkat apa itu hukum ekonomi di Indonesia.

Hukum adalah dasar dan fondasi awal dalam menetapkan, mengatur, dan menjaga setiap gerak-gerik kehidupan masyarakatnya dalam berbagai bidang. Politik, ekonomi, teknologi dll. Itu semua demi terciptanya ketertiban dan kedamain hidup berdampingan bermasyarakat terutama sosialisasi kehidupan.

Ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku pelaku Ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan Manusia yang tidak terbatas

Perekonomian suatu negara dapat berjalan dengan baik salah satunya adalah dikarenakan hukum ekonomi yang baik pula.  Negara yang menjunjung tinggi penegakan hukum ekonomi dijalankan atas dasar hukum yang adil dan baik maka perekonomian Negara tersebut akan berjalan dengan lancar. Di Indonesia juga akan tercipta perekonomian negara yang baik jika adanya sistem hukum yang baik, adil, dan transparan.

Perekonomian Indonesia saat ini menimbulkan kerugian dalam berbagai aspek. disini saya juga akan membahas bagaimana cara membenahi hukum di Indonesia agar investor asing mau masuk ke Indonesia ? Saya akan menjelaskan,  investasi dari asing dapat mengurangi angka kemiskinan, pengangguran,  yang terjadi di masyarakat ternyata bukan hanya itu saja adanya investasi asing juga dapat mengurangi angka ketergantungan yang berlebihan yang terjadi di Negara Indonesia ini.

Indonesia memiliki potensi besar untuk menuju kemajuan dalam Globalisasi, ada suatu kutipan dari orang singapura dia berkata “Indonesia Doesn’t Need The World. But, The World Need Indonesia”. Kenapa Investor asing diperlukan, agar ketergantungan yang terjadi di Indonesia tidak berlebihan. Jika Indonesia telah tumbuh menjadi negara yang mandiri, bukan mustahil kesejahteraan akan menghampiri Negara ini.

Peranan Investor Asing Menanamkan Modalnya di Indonesia

saat ini arus dana investor asing ke bursa saham Indonesia akan terus mendongkrak Indeks Harga Saham Gabungan ke pencapaian rekor-rekor tertingginya. Namun, peran investor asing itu perlu diwaspadai seiring belum stabilnya perekonomian global.

Investasi luar negeri kini memainkan peran penting dalam proses internasionalisasi bisnis. Perubahan yang sangat besar telah terjadi baik dari segi ukuran, cakupan, dan metode Investasi asing dalam dekade terakhir. Perubahan-perubahan ini terjadi karena perkembangan teknologi, pengurangan pembatasan bagi investasi asing dan akuisisi di banyak negara, serta deregulasi dan privatisasi di berbagai industri. Berkembangnya sistem teknologi informasi serta komunikasi global yang makin murah memungkinkan manajemen investasi asing dilakukan dengan jauh lebih mudah.

Dampak Positif

Pemerintah memberi perhatiaan pada investasi luar negeri karena aliran investasi yang masuk dan keluar dari negara mereka bisa mempunyai akibat yang signifikan. Para ekonom menganggap investasi asing sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi karena memberi kontribusi pada ukuran-ukuran ekonomi nasional seperti Produk Domestik Bruto (PDB/GDP), Gross Fixed Capital Formation (GFCF, total investasi dalam ekonomi negara tuan rumah) dan saldo pembayaran.

investasi asing mendorong pembangunan karena-bagi negara tuan rumah atau perusahaan lokal yang menerima investasi itu akan menjadi sumber tumbuhnya teknologi, proses, produk sistem organisasi, dan ketrampilan manajemen yang baru. Lebih lanjut, investasi asing juga akan membuka pasar dan jalur pemasaran yang baru bagi perusahaan, fasilitas produksi yang lebih murah dan akses pada teknologi, produk, ketrampilan, dan pendanaan yang baru.

Para ekonom menganggap investasi asing sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi karena memberi kontribusi pada ukuran-ukuran ekonomi nasional seperti Produk Domestik Bruto (PDB/GDP), Gross Fixed Capital Formation (GFCF, total investasi dalam ekonomi negara tuan rumah) dan saldo pembayaran.

investasi asing mendorong pembangunan karena-bagi negara tuan rumah atau perusahaan lokal yang menerima investasi itu akan menjadi sumber tumbuhnya teknologi, proses, produk sistem organisasi, dan ketrampilan manajemen yang baru. Lebih lanjut, investasi asing juga akan membuka pasar dan jalur pemasaran yang baru bagi perusahaan, fasilitas produksi yang lebih murah dan akses pada teknologi, produk, ketrampilan, dan pendanaan yang baru.

Dampak Negatif

Investor asing juga memberikan dampak negatif bagi perkembangan negara Indonesia, terlalu memberikan kebebasan dan kontrol yang terlalu luas dalam mengatur, mengendalikan, dan mengembangkan  segala sesuatunya. Terlalu berkuasanya Investor asing inilah yang memberikan dampak negatif. Menguras potensi sumber daya yang ada terutama dalam pengelolaan sumber daya alam. Investor lokal selalu kalah dalam persaingan mengembangkan potensi yang ada di Indonesia

Di sinilah perlunya peran investor lokal sebagai penyeimbang kekuatan investor asing. Pasar modal Indonesia perlu didukung oleh basis investor lokal yang kuat sehingga, ketika investor asing keluar, investor lokal tetap bisa mengimbanginya. Kalaupun investor lokal masih mengikuti pola transaksi yang dilakukan oleh investor asing, hendaknya tidak terlalu berlebihan, apalagi sampai mendewakannya.

Langkah-langkah Agar Investor Asing Mau Menanamkan Modalnya di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan memiliki begitu banyak kelebihan dan keuntungan domestik yang dapat menjadi daya tarik bagi investor asing, mulai dari sumber daya alam yang melimpah yang dapat menjadi sumber bahan baku bagi perusahaan-perusahaan besar, selain itu Indonesia memiliki luas geografis dengan beraneka ragam budaya Indonesia sama seperti konsumen pun memilikitipikal yang berbeda dengan kebutuhan yang beraneka ragam , sehingga berbagai produk yang berbeda dapat dapat dipasarkan diberbagai daerah di Indonesia yang sebagian besar dalam usia produktif, akan menghasilkan tenaga kerja yang ulet, inovatif, dan kreatif, pemuda  terdidik di Indonesia yang minimal brtitel sarjana sangatlah besar, hingga menjadi modal untuk meningkatkan daya saing dengan pemuda di negara asing.

Jalan yang harus dilakukan pemerintah agar Investor asing mau masuk untuk menanamkan modalnya adalah dengan menggambarkan jelas potensi yang ada di Indonesia baik Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusianya. Saya ingin memeberikan gambaran potensi yang ada di Indonesia, antara lain :

  1. Mobil nasional buatan SMKN 2 Solo, SMKN 5 Solo, SMK Warga Solo. Produksi massal mobil Esemka yang merupakan rakitan siwa-siswa sekolah menengah kejuruan akan tergantung dari investor yang menyokongnya. Dari sisi produk, ada sejumlah hal yang harus dibenahi. Jika Pemerintah serius membantu menumbuhkan produksi mobil ini, bukan tidak mungkin Investor asing akan menanamkan modalnya
  2. Kegiatan Promosi Perdagangan merupakan tantangan bagi Indonesia agar volume ekspor berjalan dengan baik dan eratnya hubungan bilateral antar negara
  3. Perikanan dan penambakakkan di Idonesia memiliki potensi yang bagus, untuk kelanjutannya jika ada ivestor yang mau mendanai, kita bisa melakukan kegiatan ekspor. Dengan kegiatan ini dapat menambah devisa negara. Dsb

Dengan begitu Investasi asing dapat juga memberikan kita manfaat tetapi kadangkala investasi asing mempunyai dampak negatif yang sangat perlu di perhatikan oleh pemerintah setempat oleh karena itu untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan pihak Indonesia maka, bagi investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia sudah di atur dalam undang – undang 1945.

 

Posted on March 24, 2013, in Aspek Hukum dalam Ekonomi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: