PANCASILA BAGIAN TERPENTING BAGI KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

PANCASILA BAGIAN TERPENTING BAGI KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Setiap bangsa di Dunia yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang hendak dicapainya sangatlah memerlukan pandangan hidup. Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapinya. sehingga dapat memecahkan berbagai persoalan yang ada secara tepat. Tanpa memiliki pandangan hidup tersebut, suatu bangsa akan merasa terombang – ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan dunia.

PANCASILA : 1. Ketuhanan yang Maha Esa, 2. Kemanusiaan yang Adil Dan Beradab, 3. Persatuan Indonesia, 4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijakansanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, 5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Itulah ke 5 sila yang setiap waktunya terdengar, terpikir, serta terbayang bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi Bangsa Indonesia Pancasila merupakan Ideologi Bangsa, Jiwa Bangsa, Kepribadian Bangsa, Pandangan hidup Bangsa, serta sumber hukum. Ini semua telah melekat dalam jiwa dan raga Rakyat Indonesia. Pancasila merupakan bagian yang tak terpisahkan lagi.

Sila pertama menggambarkan Ketuhanan sebagai pandangan hidup bagi Rakyat indonesia yang percaya dan Taqwa kepadang sang khalik, sila kedua mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia dan mencintai antar sesama, sila ketiga tidak membedakan antar sesama baik itu perbedaan beragama, perbedaan ras, perbedaan suku, perbedaan budaya, dsb. Dengan adanya berbagai perbedaan kita tetap satu kesatuan.

Sila keempat dengan adanya perbedaan dan satu kesatuan segala sesuatunya perlu dimusyawarahkan agar adanya semangat juang terhadap prinsip-prinsip kemasyarakatan dalam membangun Bangsa Indonesia tercinta ini. Sila kelima adalah nilai keadilan yang menjunjung norma dan aturan berdasarkan ketidak berpihakkan, keseimbangan, serta pemerataan terhadap suatu hal. Mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan cita-cita berbangsa dan bernegara

 

Oleh karena itukita perlu menjaga nilai-nilai luhur Pancasila serta mengamalkannya dalam kehidupan sehai-hari. Seperti yang kita ketahui Pancasila merupakan dasar negara atau Ideologi Bangsa Indonesia. Dimana pancasila sebagai dasar pemikiran utama bagi Indonesia. untuk saat ini bukan tingkat pendidikan ( baik dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi) saja yang masih harus mempelajari Pancasila serta mengenal arti sesungguhnya Pancasila, tetapi para pemimpin-pemimpin Bangsa ini juga perlu mempelajari dan mengenal arti sesungguhnya Pancasila. Terutama untuk seluruh Rakyat Indonesia Dengan demikian setiap kalangan akan memiliki kesinambungan satu sama lain baik yang muda maupun yang tua, baik yang junior maupun yang senior. Dan pada akhirnya setiap Individu akan mengamalkan serta mengimplementasikan Ideologi Bangsa ini dalam kehidupan sehari-hari yang lebih baik, jujur, adil, dan bersahaja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posted on June 22, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: