THEME AND RHEME

Theme and Rheme

a) Pola Zig zag

 

Tema1                        Rema1

 

 

 

Tema2                        Rema2

 

 

 

Tema3                        Rema3

Di pola (a) rema pada klausa sebelumnya berisi suatu unsur

menjadi tema dari klausa berikutnya.

Teks berikut merupakan pengembangan tema dari pola (a).

(1) Hydroelectric power is electric power produced by using the energy

     of falling water.

 

(2) Falling water is one of the tree principal sources of energy which are

     for the commercial production of electric energy.

 

(3) The other two are the heat energy of fossil fuels, principally coal,

 

b) Pola Re-Iteration/ Tema Tetap (constant)

 

Tema1                        Rema1

 

 

Tema1                        Rema2

 

 

Tema1                        Rema3

 

Di pola (b) tema yang menyangkut klausa sebelumnya sama

halnya tema menyangkut klausa yang berikutnya.

Hal ini dapat dilihat pada pilihan (b) dalam teks berikut.

(1) Mrs Scott Hempstead works part time as a school crossing guard.

                   THEME                                                     RHEME

 

(2) Her hob is to stop cars, trucks, and buses to let school children cross

     the street safely.

 

(3) She wears a police uniform and has a STOP sign and a whistle.

(4) She blows the whistle to stop traffic and holds up her STOP sign.

 

(5) Mrs. Hempstead likes her job.

 

(6) She enjoys helping children.

 

 

 

(7) She wants to protect them from danger.

 

 

 

(8) She also wants to serve her community.

 

(9) Mrs. Hempstead is a housewife, but she also is public servant.

 

c) Pola Tema gabungan (Multiple)

 

Tema1                        Rema1

 

 

Tema1                        Rema2

 

 

 

Tema2                        Rema3

 

 

 

Tema3                        Rema4

 

 

Tema4                        Rema5

 

 

Tema5                        Rema6

 

 

Tema6                        Rema7

Pola yang ketiga adalah pola yang hirarkis, dalam pola ini tema

klausa memperkenalkan sejumlah potongan informasi yang berbeda,

kemudian masing-masing diambil dan dibuat klausa yang berikutnya.

Pola (c) dapat dilihat di teks sebagai berikut:

(1) There are many things people remember about the sixties

 

 

 

(2) Some people remember it for mini-skirts, the Beatles, hippies, and the

 flower children.

 

(3) It was a time when young people owned the world and thought that

 

 

setiap klausa yang dihasilkan diperlakukan sebagai pesan

yang kemudian menjadi pesan yang lebih besar (teks). Ketika memberikan

informasi, penutur mengungkapkan makna secara tekstual melalui Tema-

Rema. Tema adalah tujuan utama pesan dalam klausa atau titik permulaan

klausa. Dengan kata lain, Tema adalah informasi lama yang biasanya

diletakkan di bagian depan. Sebaliknya, Rema merupakan bagian klausa

setelah Tema atau informasi baru yang biasanya diletakkan di belakang

Tema. Klausa dalam bahasa Inggris pada percakapan atau tulisan diketahui

bahwa suatu item mempunyai status tematisasi yang diletakkan terlebih

dahulu yaitu klausa yang terkait dibagian tema dan dikembangkan dalam

rema. Kemudian struktur tematik adalah stuktur yang menyusun karakter

klausa sebagai pesan yang menentukan fungsi tema dan rema. Dalam contoh

berikut tema adalah father.

Father is painting the wall

Tema           Rema

Kutipan tersebut menyatakan bahwa kerjasama penutur/penulis

perlu adanya pilihan supaya pendengar/pembaca lebih mudah untuk

mencantumkan tema di awal klausa. Ini juga menyiratkan bahwa ada pola

interaksi antarklausa di dalam teks. Mccarthy (1991:55) menyebutkan

bahwa ada hubungan antara struktur tematik dalam klausa dan konstruksi

teks. Ia menekankan ketika melihat tema dan rema dalam teks secara

bersamaan ada pola tertentu yang muncul. Ia mengusulkan ada tiga

perbedaan pilihan tekstual dalam pengembangan tema yang terjadi dalam

teks. Pilihan tersebut sebagai berikut:

 

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya bahwa ada hubungan

antara struktur tema dalam klausa dan konstruksi teks. Tema mengorientasi

pembaca kepada pesan yang ada pada sisa klausa, sedangkan rema

menandai adanya informasi yang patut dijadikan berita ke pembaca.

Lagipula, tema menghubungkan pesan sekarang ke pesan yang

mendahuluinya yang merupakan informasi lama (old information) sementara

rema memberikan informasi baru (new information) ke pembaca. Dengan

demikian ada suatu interaksi antara informasi yang lama ke baru

Posted on June 22, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: